Senin, 09 April 2018

Contoh surat lamaran kerja Versi Ayah Sidik


Contoh surat lamaran kerja – Pada artikel ini Ayah akan membahas contoh surat lamaran pekerjaan yang dapat kamu dapatkan beserta file doc nya sebelum ayah membahas mengenai sesi wawancara (Interview).

Surat Lamaran Kerja ayah ibaratkan itu sebagai kunci pembuka dari tahap rekrutmen untuk kalian agar mendapatkan undangan ke tahap berikutnya. Dimana tahap berikutnya kalian bisa saja menghadapi tahap tes psikotest atau bahkan tahap langsung wawancara (Interview).

Surat lamaran kerja benar-benar merupakan hal kebutuhan utama bagi kalian anak-anakku yang baru lulus untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Biasanya di waktu sekarang ini surat lamaran kerja sebenarnya tak lagi dibuat dengan memakai catatan tangan namun kebanyakan lebih memakai komputer.

Pada komputer anda dapat memanfaatkan beberapa aplikasi yang dapat digunakan salah satunya adalah Microsoft Word yang amat mendukung sekali dalam membuat dokumen.

Di bawah ini adalah sebagian tips terkait cara membuat surat lamaran kerja memakai aplikasi Microsoft Word.

  • Di aplikasi Microsoft Word terdapat berbagai huruf yang bisa anda gunakan salah satunya adalah huruf times new roman dengan ukuran huruf 12 pt, sementara bagi ukuran kertas dapat memakai kertas A4, atau dapat dicocokkan dengan ketentuan khusus yang disampaikan oleh perusahaan terkait.
  • Buatlah surat lamaran kerja sebaik dan semenarik mungkin supaya perusahaan yang menerima lowongan pekerjaan tertarik dan berkenan untuk mengetahui diri anda lebih detail lagi.
  • Dalam penulisan surat harus memakai bahasa Indonesia yang benar dan baik yang memenuhi EYD yang berlaku. Pakai susunan kalimat yang singkat, baik, padat dan gampang dipahami. Jika anda belum menguasai EYD, bisa di lihat di web KKBI (kkbi.web.id)
  • Cantumkan pula keahlian yang anda punya, dengan  begitu dapat menarik hati perusahaan yang akan menerima karyawan. Di samping itu, cantumkan pula berbagai prestasi-prestasi yang anda peroleh.

Hal-hal Penting Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Kadang-kadang saat membuat surat lamaran kerja sebagian besar orang lupa akan beberapa hal kecil. Padahal hal-hal kecil tersebut sangatlah utama dan krusial dan sangat berpengaruh pada nasib surat yang sudah ditulis. Entah akan dibuang ke tong sampah atau juga bisa disimpan kembali buat tahapan berikutnya.

Di bawah ini adalah diantara hal kecil yang mesti ada di dalam surat lamaran kerja.

1.     Alamat Dalam/Luar yg dituju
Untuk penulisan alamat dalam/luar yang dituju diusahakan sebisa mungkin kalian sudah memiliki informasi yang lebih detail mengenai kepada siapa nantinya surat lamaran kalian akan diterima. Misalkan ke bagian personalia atau HRDnya lebih bagus lagi kalian bisa mengetahui nama dan jenis kelaminnya agar lebih memudahkan kalian menulis alamat yang dituju tersebut.
Contohnya :

Kepada. Yth. :
Personalia CV Epsilon Phi Indonesia
Jl. Slamet Riyadi No 357 Makamhaji Kartasura

Atau

Kepada. Yth. :
Bapak Mansyur Zaelani, S.PSi
Personalia CV Epsilon Phi Indonesia
Jl. Slamet Riyadi No 357 Makamhaji Kartasura

2.     Data Pribadi Pelamar
Data Pribadi pelamar yang meliputi :
  • Nama lengkap
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Alamat
  • Telepon dan/atau HP
  • E-mail (jika ada, opsional)
  • Status Perkawinan
Terkhusus buat nomor kontak jangan sampai lupa agar melampirkannya pada surat yang hendak dibuat, karena jika perusahaan tersebut memperoleh surat yang anda kirim maka anda secara langsung akan dihubungi melalui nomor yang anda sertakan tersebut.
Jika tidak terdapat nomor telepon, bisa memakai nomor tetangga, saudara atau siapa saja yang sekiranya memiliki hubungan dekat dengan anda.

3.     Posisi Pekerjaan yang akan dilamar
Pada biasanya kita sering terlupa untuk mencantumkan posisi pekerjaan yang akan kita lamar, biasanya di surat lamaran kita hanya menuliskan posisi seperti ini: bersamaan dengan surat ini saya mengajukan Lamaran pekerjaan sebagai Karyawan perusahaan bapak/ibu Pimpin. Anak-anakku sedetail mungkin kalian cantumkan secara jelas mengenai posisi atau jabatan pekerjaan di perusahaan yang sedang kalian lamar atau inginkan.

4.     Pendidikan
Catat juga rekam jejak pendidikan anda yang sebelumnya sudah ada tempuh. Apakah itu pendidikan formal atau pendidikan non formal. Pendidikan formal ialah pendidikan yang dilalui berawal dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga sampai perguruan tinggi pula.
Sementara untuk pendidikan non formal misalnya pelatihan, kursus maupun yang lainnya yang bisa meningkatkan keahlian anda.

5.     Pengalaman Bekerja
Jika sebelumnya anda sempat menjadi karyawan di suatu perusahaan, alangkah baiknya juga anda cantumkan pengalaman selama anda bekerja di sana. Bisa seperti durasi waktu anda bekerja di sana, posisi yang pernah didapatkan hingga jenis pekerjaan yang sempat anda jalankan.
Namun bilamana anda sama sekali tidak memiliki pengalaman bekerja di perusahaan lain, maka anda bisa mengabaikan bagian ini.

6.     Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan
Lengkapi surat lamaran kerja Anda dengan bukti-bukti yang mendukung pernyataan Anda di dalam surat tersebut. Fungsi lampiran ini adalah untuk mempertegas surat lamaran untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak perusahaan atau instansi yang menawarkan pekerjaan. Lampiran tersebut meliputi:

  1. Resume, Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
  2. Foto copy Ijazah terakhir
  3. Pas Foto terbaru
  4. Foto copy sertifikat kursus atau pelatihan
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (opsional, akan tetapi jika ada, maka lebih baik)
  6. Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (opsional, akan tetapi jika ada maka lebih bagus lagi)
Demikianlah hal yang penting dan harus ada pada surat lamaran kerja yang anda tulis.
Demikian informasi tentang contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu gunakan, semoga bermanfaat.




Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

"Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan tidak mengandung SARA, SEX, dan POLITIK".

<< Beranda