Senin, 09 April 2018

Contoh CV (Curiculum Vitae) Versi Ayah



Bicara tentang CV, CV itu singkatan dari curiculum vitae. Dalam bahasa Indonesia dikenal dengan daftar riwayat hidup, atau lebih sederhananya diartikan sebagai resume. Jadi CV atau curiculum vitae adalah isian tentang semua hal penting mengenai data diri yang ingin diperlihatkan atau disampaikan kepada orang lain atau orang yang dituju. 

Maksudnya? Maksudnya curiculum vitae itu berisi hal-hal yang kamu anggap penting tentang kamu yang ingin kamu sampaikan kepada orang lain dengan harapan orang yang dituju mengetahui dan paham tentang potensi yang kamu miliki.

Umumnya selain surat lamaran kerja, CV juga dibutuhkan saat ingin melamar sebuah pekerjaan. Dan saat melamar pekerjaan, potensimulah yang wajib kamu tampilkan. Mengapa orang lain perlu tahu potensi mu? Kalo di dunia pekerjaan tentu sudah sangat wajar jika direkrut adalah salah satu ‘dampak langsung’ dari orang lain tahu potensimu.

Tapi nyatanya tidak seperti itu.

Justru banyak dari pelamar pekerjaan yang malah tidak dipanggil kerana mungkin hanya fokus pada isi yang formal tanpa mempertimbangkan menarik tidaknya CV yang dibuat. Apalagi jika kamu masih fresh graduate, jika telah berkali-kali mengirim CV namun tak satupun ada panggilan sepertinya perlu dicek bagaimana CV mu. Tentu ada banyak pelamar di luar sana yang melakukan hal yang sama dalam menyusun CV sementara posisi yang dibutuhkan tidak lebih dari satu dua orang.

Artinya ini tanda bahwa harus ada yang lebih dari CV yang sudah kamu buat. Sehingga tuntutan untuk membuat CV yang semenarik mungkin wajib kamu lakukan.

Dibawah ini ayah berikan beberapa contoh CV atau daftar riwayat hidup yang umum digunakan:

  1. Contoh CV versi 1
  2. Contoh CV versi 2
  3. Contoh CV versi 3
  4. Contoh CV versi 4
  5. Contoh CV versi english

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

"Silahkan Berkomentar menggunakan Hati Nurani dan tidak mengandung SARA, SEX, dan POLITIK".

<< Beranda